Provinsi Bengkulu

provinsi-bengkulu-600x433Kredit peta: Loket peta.

Bengkulu resmi menjadi provinsi pada tanggal 18 November 1968 atas dasar UU No. 9/1967 Junkto Peraturan Pemerintah No. 20/1968, dan menjadi provinsi ke-26 di Indonesia dengan Bapak Ali Amin sebagai Gubernur pertamanya. Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 19.919,33 km dengan 9 wilayah kabupaten, 1 kotamadya, 123 kecamatan, 148 kelurahan, dan 1300 desa.

Video: Profil Provinsi Bengkulu.

Berikut ini tabel Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu

No

Kabupaten/Kota

Ibu Kota

1

Kabupaten Bengkulu Selatan

Manna

2

Kabupaten Rejang

Curup

3

Kabupaten Bengkulu Utara

Arga Makmur

4

Kabupaten Kaur

Bintuhan

5

Kabupaten Seluma

Tais

6

Kabupaten Mukomuko

Mukomuko

7

Kabupaten Lebong

Tubei

8

Kabupaten Kepahiang

Kepahiang

9

Kabupaten Bengkulu Tengah

Karang Tinggi

10

Kota Bengkulu

Bengkulu

Suku yang mendiami Provinsi Bengkulu yaitu Suku Rejang, Suku Serawai, Suku Melayu, Suku Mukomuko, Suku Ketahun, Suku Lembak, Suku Enggano, Suku Pasemah, Suku Jawa, Suku Sunda, dan suku Minangkabau.

Bahasa yang digunakan masyarakat diantaranya bahasa Melayu Bengkulu, bahasa Rejang, bahasa Serawai, bahasa Pasemah, bahasa Kaur, dan bahasa Enggano.

Senjata Tradisional dari provinsi Bengkulu diantaranya Rambai Ajam, Pisau Dodong, dan Rudus.

Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik besurek, yakni kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul dan diakui oleh pemerintah Republik Indonesia sebagi salah satu bagian warisan budaya Republik Indonesia serta turut memperkaya khazanah budaya di Indonesia. Kebudayaan Bengkulu memiliki beberapa ciri berbeda karena dipengaruhi oleh suku-suku berbeda yakni kebudayaan Bengkulu Selatan/suku Serawai, kebudayaan Rejang dan kebudayaan pesisir. Budaya tabot merupakan satu kultur unik yang memadukan tradisi lokal dengan Islam Syiah secara kultural.

Tari Daerah Bengkulu diantaranya Tari Tombak Kerbau, Tari Putri Gading Cempaka, Tari Pukek, Tari Andun, Tari Kejei, Tari Penyambutan, Tari Bidadari Meminang Anak, Tari Topeng, Tari Sekapur Sirih, Tari Pukek, Tari Massal, Tari Madun, Tari Gandel, Tari Kumbang, dan Tari Merak Bungo. Sedangkan lagu daerah dari Bengkulu diantaranya Lalan Balek, Lalan Jibeak Awieo.

Alat Musik yang sering dimainkan di Bengkulu adalah Gendang, Doli, Rebana, dan Rudus.

Rumah adat tradisional Bengkulu dinamakan Rumah Pasako Bubung Limo. Rumah ini merupakan rumah panggung, lantai rumah terangkat diatas tanah agar pemilik rumah aman dari gangguan hewan atau bencana banjir. Biasanya kolong lantai rumah digunakan untuk menyimpan kayu bakar, alat pertanian, gerobak, hasil panen, dan sebagai kandang hewan ternak.

Banyak cerita rakyat daerah Bengkulu diantaranya cerita Asal Mula Nama Bengkulu, Legenda Batu Kuyung, cerita Bujang Awang Tabuang, cerita Putri Serindang Bulan, Si Kancil Dan Siput, Batu Amparan Gading, Putri Gading Cempaka, Bunda Sejati, Legenda Batu Betajuk, Keramat Riak, Legenda Ular Kepala Tujuh, Sinatung Natak, Asal Usul Pagar Dewa, dan cerita Ular N’Daung.

Pahlawan dari Provinsi Bengkulu adalah Fatmawati Soekarno.

Pakaian adat Bengkulu, para lelakinya memakai jas dan baju berlengan panjang. Di pinggang melingkar kain sepanjang lutut. Diberi penutup kepala dan keris yang diselipkan di depan. Sedang para perempuannya memakai baju kurung dan bawahan dari kain songket, sedang kepala memakai semacam mahkota dan ditambahi perhiasan-perhiasan.

Makanan khas di Bengkulu yaitu getuk pisang, pokak, rengginang, ikan pais, emping melinjo, tempoyak, lemah, gulai rebung asam ikan laut.

Hasil alam Bengkulu diantaranya kopi, buncis, kacang hijau, kapas, kelapa, pala, tebu, tembakau, jagung karet, ketela pohon, ubi jalar, kayu medang, meranti, rattan, dan damar.

Pemandangan di Provinsi Bengkulu

Foto: Pemandangan di Provinsi Bengkulu. Kredit: bangrey.

Dan terakhir obyek wisata Provinsi Bengkulu yaitu :

– Pantai Panjang

Lokasi pantai Panjang sekitar 3 km dari kota Bengkulu. Sekitar 7 km panjang pantai dengan 50 meter lebar dari jalan raya. Banyak transportasi umum yang menuju ataupun pergi dari Pantai Panjang. Pohon Cemara yang rindang menghiasi sepanjang pantai. Hotel dan restoran juga banyak terdapat disana. Pantai ini juga memiliki fasilitas area parkir, kolam renang, cottage dan lainnya yang mendukung wisata disana.

– Pantai Pasir Putih

Pantai ini terletak di arah selatan bagian Pantai Panjang. Ada patung Gaja Putih yan menandai daerah ini. banyak hotel dan penginapan yang tersedia. Jarak sekitar 19 km dari pusat koa Bengkulu. Kondisi jalan menuju kesana sangat baik. Bisa melewati jalan Jenggalu Lingkar Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat jenis apapun. Kondisi pantai sangat bersih dengan pasir pantainya yang putih dan pohon cemara yang tumbuh disekitarnya.

– Pulau Tikus

Pulau ini terdiri dari satu pulau induk dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang mengitari dan dengan karang-karang yang indah. Pulau tikus sangat cocok untuk wisata laut. Pulau ini dapat dicapai sekitar 1 jam dari kota Bengkulu dengan menggunakan kapal boat.

– Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan kecil, dengan bukit barisan sebagai latar belakangnya. Jaraknya sekitar 8 km dari pusat kota Bengkulu. Anggrek air Vanda Hookeriana tumbuh sepanjang danau. Ketika musim bunga anggrek tersebut membuat danau menjadi indah dan lebih sejuk.

– Tapak Padri dan Pantai Jakat

Terletak sangat dekat dengan Benteng Marlborough dengan pemandangan laut yang indah. Tapak Padri dataran yang cukup tinggi sehingga kita dapat melihat matahari terbenam. Masyarakat sering berkunjung ketempat ini pada sorehari untuk melihat sunset.

– Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)

Lokasinya sekitar 16 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dicapai oleh berbagai jenis kendaraan roda empat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk area observasi dan tempat kemah dengan keadaan alam yang indah.

-Taman Berburu Seblat

terletak diwilayah kabupaten Bengkulu Utara,taman berburu ini ialah tempat ideal bagi kita yang hobi berburu. Adapun hewan buruan yaitu babi, kancil, kelinci, kijang, tupai, rusa dll. Selain hewan tersebut ada juga hewan-ewan lain yang hidup di sana antara lain monyet dan kera.

-Taman Wisata Konak

Ialah taman terpadu dengan konsep alami dan modern yang berlokasi diwilayah Kepahiang,Bengkulu. Taman ini memiliki banyak koleksi satwa berukuran kecil-sedang serta memiliki banyak wahana permainan keluarga.

– Danau Tes

Ialah danau terbesar di Bengkulu,danau ini memiliki pemandangan dengan latar bukit bukit yang menghijau nan indah. Ditengah danau terletak persawahan penduduk yang spektakuler dan sebuah gunung pasir. Suku disekitar danau Tes ialah suku Rejang dan budaya Rejang sangat khas. Sungai Ketahun ialah sungai yang menjadi sumber air utama danau Tes. Pemerintah Lebong saat ini sedag menyiapkan motel murah,restoran seafood,restoran terapung,pasar dan minimarket.

– Danau Gedang dan Bukit Menghijau

Ialah danau yang masih asri sekali diwilayah Bengkulu Utara. Banyak jenis ikan dan belut didanau ini. Sayang,akomodasi kurang terbangun.

– Danau Mas Harun Bastari

Terletak dikecamatan Selupu Rejang,Rejang Lebong. Ialah danau yang unik dengan pulau kecil dari rerumputan liar ditengahnya. Danau ini telah memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap dan bagus.

– Danau Musi,Suro

Ialah danau dikabupaten Kepahiang yang cukup indah. Terletak disekitar desa Suro Ilir. Fasilitas jalan/akomodasi serta hal-hal lain sudah bagus

– Taman Nanua

Taman ini berada dipulau terluar RI yakni Enggano,ialah taman burung dan reptil mini.

– Tanah Lot Lais

Formasi batu-batu karang dipinggir pantai Lais,Bengkulu Utara yang sungguh indah. Cocok untuk melihat sunset yang indahnya luar biasa,karena keindahannya itulah tempat ini dinamai Tanah Lot Lais karena mirip dengan Tanah Lot yang asli di Bali

– Danau Picung

Ialah danau disekitar Tubei,ibukota kabupaten Lebong. Danau ini terletak dipusat kota dengan akses akomodasi yang lancar. Rumah dinas bupati juga menghadap kedanau indah ini. Pinggiran danau dibuka untuk umum sebagai wilayah pemancingan

– Taman Wisata Dio Bagite

Ialah kebun binatang mini dengan koleksi cukup banyak satwa. Taman ini terletak sangat strategis dipenggkolan jalan Curup-Lubuk Linggau.

– Danau Tujuh Warna

Terletak didaerah Rimbo Pengadang, ialah telaga dengan 7 kawah yang masing-masing berbeda warnanya. Ada kawah berwarna putih, biru dan lainnya. Jalan menuju kesana cukup baik, bisa menggunakan roda empat. Namun alangkah menariknya kalau dilakkan dengan berjalan kaki secara beramai-ramai. Pada saat akan menuju kawah, kita pertama kali akan menjumpai kawah biru dan harus melewati jalan setapak yang cukup terjal. Banyak pepohonan yang berdiameter satu meter lebih yang menghiasi pemandangan dikiri kanan jalan setapak. Matahari akan terlihat cahayanya saja karena terhalang pepohonan. Suhu yang cukup tinggi sehingga bisa untuk memasak telur atau menanak nasi. Beberapa kawah bersuhu 70 derajat celcius cocok untuk terapi penyakit kulit dan rematik.

Referensi: Wikipedia, bengkuluprov.go.id.

Iklan

Penulis: Editorial Staff

Ordinary Blogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.